Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Kembangkan Riset Madu Super Propolis

Kompas.com - 30/11/2011, 13:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Kasus penyakit kanker payudara di Indonesia merenggut kematian hingga 3.000 orang per tahun. Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengembangkan riset madu super propolis untuk bahan baku obat kanker payudara tersebut.

"Saat ini, satu ampul obat kanker sangat mahal sampai jutaan rupiah. Itu karena bahan baku obatnya masih harus diimpor," kata peneliti pada Jurusan Farmakologi Fakultas Kedokteran UGM Iwan Dwiprahasto, Selasa (30/11/2011) dalam Forum Riset Industri Indonesia ke-3 2011 di Jakarta.

Dari hasil riset tersebut, menurut Iwan, madu super propolis sudah menjadi bahan baku obat imunomodulator terstandar untuk penyakit kanker payudara. Industri farmasi belum memanfaatkan hasil riset ini, karena masih menggantungkan pada bahan baku obat impor yang kini mencapai komposisi 96 persen di Indonesia.

"Madu super propolis sebagai imunomodulator terstandar menjadi bahan baku obat kanker payudara yang bisa menurunkan harga," kata Iwan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com