Sabtu, 29 Agustus 2015

Health

Sang Juara dari Yogyakarta!

Senin, 5 Desember 2011 | 19:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran tur modifikasi bertaraf nasional, Djarum Black Auto Black Trough (ABT) 2011, berakhir sudah. Seri pamungkas diselenggarakan di Hall B JHCC, Jakarta, (3-4/12). Sebelumnya, digelar di 4 kota, yaitu Yogyakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. Gelar King dan Champion akhirnya diboyong modifikator dari Yogyakarta.

Kontestan dari Kota Gudeg yang tergabung dalam komunitas bengkel Kupu - kupu Malam (KKM) menyisihkan 168 peserta, 3 nominasi dan kontestan pemenang tur ABT dari Surabaya dan Bandung.

Nilai total  yang diperoleh  mobil yang aslinya asdalah  Chevrolet Super Deluxe 1951, menurut 3 juri dari Amerika Serika, unggul cukup telak dari berbagai sektor.  Bukan hanya eksterior yang terlihat ekstrem, juga  bagian seperti,  interior, mesin, audio, kaki-kaki dan juga pengabungan konsep.

"Terus terang, setiap saya datang ke Jakarta sebagai juri ABT, selalu di kejutkan oleh modifikasi yang selalu inovatif dan tak terbayangkan sama sekali sebelumnya. Detil yang  yang diperlihatkan sudah mendekati level tertinggil," ujar Tommy, juru bicara juri Amerika.

Persaingan untuk posisi teratas, Champion, juga dilalui dengan penilaian yang super ketat, lanjut Tommy. Nilai yang diraih oleh Chevy KKM dan SV-1 Connection, Suzuki Jimmy Akasia dan Mitsubishi Lancer Simple tergolong paling tinggi dibanding peserta lain sehingga mereka didaulat sebagai King Nominee.

Namun pada akhirnya menyisakan 2 mobil yang memiliki nilai cukup rapat berpeluang meraih penghargaan tertinggi ABT 2011, SV-1 yang menggunakan konsep mobil listrik yang ramah lingkungan yang didukung penuh oleh LIPI untuk sektor mesin, dan Chevy KKM.

"Saya sangat senang akhirnya bisa kembali meraih Champion tahun ini berkat ketekunan dan dukungan tim yang sangat solid dalam membangun mobil sehingga menjadi seperti ini," ujar Rudi pemilik Chevy KKM yang berhak atas hadiah uang  Rp225 juta sebagai Champion ABT 2011.

Selain menyajikan seabrek tampilan mobil modifikasi, ABT kali ini juga menghadirkan beberapa artis lokal dan internasional, seperti Andien, Naif, Raisha, Sandy Sandoro dan juga Chingy.

Seperti biasa,  ada pula event pendukung lainnya seperti dyno test, game online dan juga kontes audio. "Dari laporan petugas loket, pengunjung selama 2 hari sekitar 7.000, hasil penjualan tiket dan undangan," papar Reza dari panitia penyelenggara.

Editor : Zulkifli BJ