Sabtu, 20 Desember 2014 21:28

KONSULTASI / KESEHATAN JIWA

KONSULTASI KESEHATAN JIWA

Bersama dr Andri, SpKJ, FAPM

Bersama dr Andri,SpKJ,FAPM Psikiater dengan kekhususan di bidang Psikosomatik Medis dan Psikiatri Liaison. Penanggung jawab Klinik Psikosomatik RS Omni, Alam Sutera, Tangerang. Anggota dari American Psychosomatic Society dan Fellow of The Academy of Psychosomatic Medicine.

Sering Gugup karena Riwayat Fobia?

Jumat, 9 Desember 2011 | 13:28 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

TANYA : 

Dok, saya mau bertanya.  Saya sering cemas dan panik ketika akan presentasi, bahkan sampai tangan  saya  gemetaran. Memang dulu punya riwayat fobia kepada orang, tetapi setelah dewasa ini  saya agak takut sama orang , tapi ya itu dok, sering cemas menurut analisa saya.  Itu karena pengaruh pola-pola yang diberikan oleh keluarga saya yang salah.

Saya sering dibentak dimarahi, bahkan dipukul oleh ortu bahkan sampai dewasa ini. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter spesialis jiwa terdekat di  kota saya, saya diberi terapi anti depresan, akan tetapi itu belum berpengaruh terhadap masalah yang saya hadapi. Bagaimana saya harus menanggapi hal hal itu dok?

(Rosa, 21)


JAWAB :

Rosa yang baik,

Apa yang dialami Rosa sepertinya mengarah kepada suatu gangguan cemas yang disebut Fobia Sosial. Orang yang mengalami fobia sosial biasanya mengeluh takut dan cemas ketika dihadapkan pada kondisi di mana dia menjadi pusat perhatian salah satunya adalah presentasi di depan umum.

Orang yang  mengalami fobia sosial juga biasanya mengeluh takut bertemu dengan orang lain yang lebih tinggi kedudukannya daripada dia. Hal ini disebabkan karena orang yang fobia sosial takut dinilai oleh orang tersebut walaupun pada kenyataannya tidak.

Peristiwa traumatik di masa lalu seperti dipermalukan di depan umum, sering dianggap tidak bisa dan dihindari dari pergaulan serta kondisi-kondisi yang membuat rendah diri sangat berhubungan dengan timbulnya hal ini di kemudian hari.

Salah satu pengobatan yang penting untuk kondisi ini adalah psikoterapi dengan berlandaskan terapi kognitif. Tujuannya adalah untuk mengubah skema-skema negatif yang ada di dalam pikiran Rosa berkaitan dengan peristiwa-peristiwa memalukan yang "diharapkan" timbul jika melakukan sesuatu di depan umum.

Selain itu pembiasaan atau yang disebut habituasi juga penting. Orang yang mengalami fobia sosial harus "dipaksa" untuk menghadapi hal-hal yang dia takutkan. Bisa mulai dengan suatu pembayangan terhadap peristiwa itu sampai langsung berhadapan dengan hal itu. Pemberian obat antidepresan bisa berpengaruh walaupun pada beberapa kondisi tidak terlalu membantu dibandingkan psikoterapi kognitif di atas.

Semoga membantu. Salam Sehat Jiwa






Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui