Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Kiat Aman Bersepeda untuk Ibu Hamil

Kompas.com - 12/12/2011, 18:26 WIB

KOMPAS.com - Selama kehamilannya aman-aman saja, asal dilakukan hati-hati dan sesuai petunjuk dokter, ibu hamil boleh kok bersepeda. Berikut kiat aman bersepeda untuk ibu hamil:

1. Lakukan di pagi hari pukul 07:00-09:00 karena sinar matahari masih bagus untuk kesehatan dan ibu pun tidak kepanasan. Jika kepanasan ibu hamil akan merasa mudah letih.
2. Pilih area perumahan yang banyak pepohonan, bukan di jalan raya yang penuh polusi.
3. Hindari jalanan yang tidak rata atau berlubang, menanjak, atau bergelombang karena berisiko terhadap kondisi ibu maupun janin.
4. Hendaknya ibu tidak bersepeda sendirian, sebaiknya ditemani pasangan.
5. Pastikan sepeda siap pakai dan digunakan perlengkapan bersepeda dengan baik seperti pengaman lutut, sarung tangan, dan helm.
6. Sebelum bersepeda, lakukan pemanasan dan peregangan dulu sekitar lima menit dengan menggerakkan leher, lengan, paha dan kaki, bahu, dada.
7. Jika sudah merasa letih, beristirahatlah, jangan memaksakan diri. Begitu pun jika terasa tak nyaman dengan kehamilan atau kondisi jalan yang tak rata.
8. Perbanyak minum, terutama air putih yang mengandung mineral untuk mempercepat pengeluaran panas tubuh. Jika kurang minum, selain ibu kehausan, pengeluaran panas tubuh pun terhambat. Kondisi ini dikhawatirkan bisa menganggu pertumbuhan saraf dan tulang belakang janin.
9. Usai bersepeda, sekitar 150-200 Kalori hilang. Untuk itu, ibu harus meningkatkan asupan makanan supaya kebutuhan nutrisi ibu dan janin tetap tercukupi. Makan camilan sebaiknya dilakukan 30 menit sebelum bersepeda dan makan besar satu jam setelah bersepeda.

(Tabloid Nakita/Irfan Hasuki)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com