Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi ASI Seret, Bisakah Menyusui Lagi?

Kompas.com - 13/12/2011, 10:10 WIB

TANYA :

Saya seorang ibu yang memiliki anak berusia 2 bulan dan tidak menyusui. Sempat memberikan ASI selama 3 hari, namun produksi ASI tidak banyak akhirnya saya hentikan. Pertanyaan saya, apakah masih ada harapan apabila saya berkeinginan memberikan ASI lagi. Karena, apabila saya pencet puting susu saya, masih ada ASI namun hanya beberapa tetes ?Terima Kasih dan mohon penjelasannya. 

(Eli, 30 ,Jakarta)

 

JAWAB :

Salam kenal ibu Eli.  Sedih ya kalau tidak bisa menyusui buah hati kita. Salut deh kalau sekarang ibu ingin kembali menyusui. Menyusui kembali atau Relaktasi sangat dimungkinkan bagi ibu yang ingin kembali menyusui setelah beberapa waktu tidak menyusui bayinya. Apalagi kalau usia bayi masih sangat muda dan ibu pernah menyusuinya walaupun hanya sebentar.

Relaktasi membutuhkan niat kuat, komitmen, kesabaran dan dukungan keluarga terutama suami.  Relaktasi akan lebih efektif apabila didampingi oleh konselor laktasi.  Selama relaktasi ibu dan bayi akan belajar lagi proses menyusui, memperbanyak kontak kulit, dan belajar metode pemberian minum bayi selain dengan dot. 

Untuk ibu yang bekerja sangat disarankan untuk mengambil cuti agar proses ini efektif.  Apabila ibu ingin pendampingan konselor laktasi, ibu bisa menghubungi sekretariat AIMI di 021-72787243.  Semoga membantu.  Salam ASI !

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com