Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Pencegah Kanker Makin Dekat

Kompas.com - 14/12/2011, 12:38 WIB

Kompas.com - Reputasi penyakit kanker sebagai penyakit mematikan dan sulit dicegah tampaknya akan segera berakhir. Sebuah penelitian menunjukkan percobaan vaksin kanker payudara menunjukkan keberhasilan 90 persen pada seluruh uji coba di laboratorium.

Vaksin yang sedang diteliti ini bekerja dengan cara melatih antibodi untuk membuat lapisan pada seluruh sel kanker dan membunuhnya. Dalam percobaan pada tikus terbukti vaksin ini sukses melawan kanker payudara dan kanker tumor.

Tim peneliti dari Universitas Georgia, Amerika Serikat, merupakan pengembang vaksin ini dan kini sedang bersiap-siap untuk mencobanya pada manusia. Diperkirakan hal itu bisa dilakukan di tahun 2013.

"Vaksin ini bisa menghasilkan respon sistem imun yang sangat kuat. Ia mengaktifkan tiga komponen dalam sistem imun untuk mengurangi ukuran tumor," kata ketua peneliti profesor Geert-Jan Boon.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com