Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Diabetes Ingin Hamil? Lakukan 4 Hal Ini

Kompas.com - 19/12/2011, 13:45 WIB

KOMPAS.com - Perempuan yang memiliki penyakit diabetes (tipe 1 atau tipe 2) tidak perlu merasa khawatir atau takut untuk hamil akibat kompikasi yang mungkin dapat ditimbulkan. Pasalnya, dengan mengontrol kadar gula darah dan membuat pilihan gaya hidup sehat sebelum kehamilan, sudah cukup bagi Anda untuk melahirkan buah hati yang sehat.

Berikut ini adalah tahapan-tahapan atau persiapan yang perlu Anda lakukan (khususnya perempuan dengan diabetes) untuk mendapatkan bayi sehat seperti yang dijelaskan oleh para staf ahli dari Mayo Clinic:

1. Mulailah dengan pemeriksaan

Langkah pertama dalam mempersiapkan kehamilan bagi wanita diabetes adalah dengan berkonsultasi ke tenaga kesehatan atau dokter. Jika Anda menggunakan obat oral diabetes, Anda mungkin perlu untuk beralih ke insulin atau membuat perubahan lain untuk merencanakan perawatan diabetes sebelum hamil.

Perubahan dalam pengobatan mungkin diperlukan untuk mencegah komplikasi saat kehamilan. Sebagai contoh, beberapa obat-obatan tertentu untuk mengobati tekanan darah tinggi atau masalah ginjal, tidak dianjurkan selama kehamilan.

2. Fokus pada pengendalian gula darah

Mengendalikan kadar gula darah adalah cara terbaik untuk mencegah komplikasi diabetes. Ketika Anda mempersiapkan untuk hamil, kontrol gula darah harus dilakukan jauh hari atau bahkan berbulan-bulan sebelum Anda hamil.

Mengapa? Karena otak bayi, sumsum tulang belakang, jantung dan organ lainnya mulai terbentuk segera setelah pembuahan, bahkan sebelum Anda tahu bahwa Anda hamil. Jika Anda memiliki kontrol gula darah yang buruk selama masa awal kehamilan, risiko keguguran dan risiko bayi lahir cacat - terutama yang mempengaruhi otak, sumsum tulang belakang dan jantung - akan meningkat.

Namun, jika Anda mengelola tingkat gula darah sebelum hamil dan selama kehamilan, peluang untuk memiliki bayi yang sehat hampir sama dengan orang yang tidak menderita diabetes.

3. Ingat prinsip makan sehat

Perempuan diabetes yang ingin hamil penting untuk memenuhi asupan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian dalam diet harian mereka. Jika Anda mengalami kesulitan menjaga tingkat gula darah pada rentang target yang ditentukan atau ingin menurunkan berat badan sebelum kehamilan, konsultasikan dengan ahli diet terpercaya.

Selain itu, untuk membantu mengisi kesenjangan gizi, Anda dapat mengonsumsi vitamin prenatal yang mengandung asam folat - idealnya dimulai beberapa bulan sebelum konsepsi.

4. Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian

Aktivitas fisik merupakan bagian penting dari rencana perawatan orang dengan diabetes. Sebelum konsepsi (pembuahan) lakukan olahraga rutin dan pilih aktivitas yang Anda sukai, seperti berjalan, berenang atau bersepeda stasioner. Namun yang paling penting adalah Anda melakukannya sebagai bagian dari rutinitas harian.

Lakukan setidaknya aktivitas aerobik secara moderat dalam seminggu selama 150 menit. Mulailah perlahan-lahan dan lakukan secara bertahap. Ingat bahwa aktivitas fisik mempengaruhi gula darah. Periksa kadar gula darah sebelum dan setelah aktivitas, terutama jika Anda mengambil insulin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com