Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Statin Perkecil Risiko Kematian Pasien Flu

Kompas.com - 20/12/2011, 10:33 WIB

KOMPAS.com - Statin selama ini hanya diketahui sebatas obat penurun kolesterol saja. Tetapi studi baru yang dirilis Journal of Infectious Diseases menunjukkan bahwa statin dapat mengurangi risiko kematian pada pasien yang dirawat dengan influenza.

Ini adalah studi observasional pertama yang mengevaluasi hubungan antara penggunaan statin dan mortalitas pada pasien rawat inap yang terdiagnosa infeksi virus flu, menurut Vanderbilt William Schaffner, MD, profesor dan pimpinan dari Preventive Medicine.

"Kami mungkin dapat menggabungkan statin dengan obat antiviral untuk memberikan pengobatan yang lebih baik untuk pasien yang mengalami sakit parah akibat influenza," kata Schaffner.

Dalam risetnya, para peneliti mengamati pasien dewasa yang dirawat di rumah sakit dengan penyakit influenza pada tahun 2007-2008 untuk mengevaluasi hubungan antara pasien yang diberi resep statin dan kematian terkait influenza.

Di antara 3.043 pasien rawat inap yang mengidap flu, 33 persen di antaranya diberikan obat statin sebelum atau selama rawat inap. Setelah menyesuaikan berbagai faktor, peneliti menemukan bahwa pasien yang tidak mendapat statin hampir dua kali lebih mungkin meninggal akibat influenza ketimbang pasien orang mendapatkan statin.

Meski begitu, Schaffner menekankan bahwa melakukan vaksinasi influenza setiap tahun masih merupakan pertahanan terbaik terhadap influenza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com