Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambut pada Penis yang Mengganggu

Kompas.com - 22/12/2011, 10:00 WIB

TANYA :

Dokter Yth. Saya seorang pria berumur 31 tahun, tinggi badan 165 cm dan berat 65 kilogram. Dok, pada kelamin saya (batang penis) tumbuh bulu yang panjangnya seperti bulu yang terdapat pada kaki.  Keadaan ini sudah saya ketahui sejak saya masih SMA. Saya khawatir dengan keadaan ini, apalagi saya akan menikah tahun ini. Saya takut pasangan saya menganggap saya memiliki kelainan.

Dok, apakah bulu yang tumbuh pada penis saya ini bisa menyakiti pasangan saya? Apa saya harus mengatakan yang sebenarnya kepada pasangan saya sebelum kami menikah? Terima kasih banyak atas jawaban dokter.

(Antonius, 31, Kupang)


JAWAB :

Adanya rambut pada batang penis, apalagi lebat dan  panjang sebenarnya merupakan sesuatu yang tidak lazim dan mengganggu hubungan seksual.

Rambut itu dapat mengakibatkan iritasi pada vagina sehingga menjadi lecet dan infeksi. Untuk menghidari akibat itu, maka rambut itu harus dilenyapkan. Untuk itu dapat digunakan obat yang dapat merontokkan rambut.

Masalahnya, setelah itu kapan rambut itu tumbuh kembali. Saya sarankan Anda berkonsultasi lebih jauh dan mendapat pemeriksaan lebih dulu. Boleh saja Anda berterus-terang kepada calon istri Anda, tetapi jelaskan juga bahwa Anda akan mendapat pengobatan untuk menghilangkan bulu itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com