Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Tensi Perpanjang Usia Pasien Hipertensi

Kompas.com - 22/12/2011, 14:24 WIB

Kompas.com - Pasien tekanan darah tinggi atau hipertensi yang mampu menjaga tekanan darahnya dalam kisaran normal cenderung lebih panjang umur dibandingkan dengan mereka yang tensinya tidak terkendali.

Bukan hanya itu, pasien yang disiplin mengonsumsi obat antihipertensi selama empat tahun risikonya untuk meninggal karena penyakit kardiovaskular berkurang secara signifikan.

"Untuk pertama kalinya studi ini bisa membuktikan bahwa mengendalikan gula darah bisa memperpanjang usia," kata Dr.John Kostis, ahli farmakologi yang melakukan riset ini.

Ia menjelaskan, jika kita rutin mengonsumsi obat antihipertensi selama sebulan maka usia harapan hidup bisa diperpanjang beberapa hari. "Satu hari mungkin terasa sebentar, tetapi jika kita mulai mengonsumsi obat sejak usia 40 tahun maka manfaatnya lebih besar lagi," katanya.

Di luar kepatuhan minum obat, Kostis menyatakan bahwa yang terpenting adalah menjaga tekanan darah tetap normal. Hipertensi sendiri merupakan salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, gagal jantung, serta kematian dini akibat serangan jantung.

Selain dengan obat-obatan, tekanan darah bisa dijaga dengan pola hidup sehat, seperti berolahraga secara teratur, mengurangi stres, serta menjaga pola makan sehat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com