Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misa Natal di Gereja Setengah Jadi

Kompas.com - 24/12/2011, 17:57 WIB
Frans Sarong

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Umat Katolik Paroki Santo Yosef Pekerja Penfui di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, dipastikan akan merayakan misa Natal tahun ini di gereja baru yang bangunannya belum rampung atau masih etengah jadi.

Perayaan misa Natal pertama akan berlangsung, Sabtu (24/12/2011) malam sekitar pukul 19.00 Wita, dipimpin oleh pastor paroki itu, Romo Maxi Un Bria Pr.

Gereja St Yosef Pekerja Penfui yang berdaya tampung sekitar 1.500 umat, baru bagian atapnya yang telah rampung. Sementara lantainya masi berlapiskan tanah kapur putih dan belum berdinding. Bahkan kerangka penopang pengecoran lantai bagian balkon, masih terpancang atau belum dibongkar.

"Kerangka penopang itu akan ditata menjadi hiasan unik," tutur Bobby, penata altar perayaan Natal tahun ini di gereja setengah jadi tersebut.

Pembangunan gerej itu sebenarnya sudah dimulaisejak empat tahun, namun baru dilaksanakan secara gencar sejak pertengahan tahun 2010. Pembangunan terkesan berjalan lamban, karena sumber dananya hampir total bersumber dari ulran tangan umat.

Sejauh ini sumbangan umat tersalur melalui gerakan yang disebut "geser" alias gerakan seribu rupiah per kepala keluarga per hari. Dengan demikian dana terhimpun dari setiap keluaga Rp 30.000 per bulan

"Geser menjadi sumber utama pembanguan gereja kami. Dengan geser pula sekaligus menguatkan rasa memiliki umat atas gerejanya itu," kata Romo Maxi Un Bria di Penfui, Kupang, Sabtu (24/12/2011). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com