Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Es Krim yang Bikin Hangat

Kompas.com - 25/12/2011, 09:40 WIB

KOMPAS.com - BANYAK orang yang mengganggap minum jamu itu tidak enak. Rasanya pahit atau aroma yang menyengat membuat orang enggan minum jamu. Namun, kalau jamu itu diubah ujudnya menjadi es krim selera Anda akan terjaga.

Sejak ratusan tahun lalu, nenek moyang bangsa Indonesia terkenal pandai meracik jamu dan obat-obatan tradisional. Beragam tumbuh-tumbuhan, akar-akaran, dan bahan alami yang lainnya diracik menjadi ramuan yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Jamu dan obat-obatan tradisional telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, jamu, sebagai salah satu warisan budaya Indonesia hingga saat ini masih diteruskan dan dikembangkan eksistensinya.

Tak disangka jamu yang pada awalnya hanya berbasis tradisi dan budaya secara sederhana, kini telah berkembang pesat sebagai industri modern dengan berbagai produk inovasinya. Baik dari segi jenis produknya, kemasannya, maupun pemanfaatannya. Namun yang menjadi pertanyaan sekarang ini sudah seberapa jauh inovasi yang telah dilakukan produsen jamu.

Ada beberapa peluang untuk mengembangkan jamu sehingga dapat ikut memasok devisa negara. Salah satunya adalah membuka pasar produk jamu untuk membidik semua kalangan. Selama ini jamu identik bagi kalangan menengah ke bawah.

Untuk menaikkan citra jamu itu salah satunya dengan mengombinasikan produk jamu dengan produk lain. Salah satunya adalah membuat es krim jamu. Es krim merupakan salah satu makanan yang sangat digemari banyak orang. Mulai dari anak- anak hingga orang dewasa. Alasan itulah dibuatnya es krim jamu.

Iseng saja

Adalah Retno Widawati dari komunitas Honocoroko yang pertama kali mempunyai ide untuk membuat es krim jamu. Awalnya hanya untuk mengisi waktu luang saat akan berbuka puasa bersama dengan anak-anak asuhnya.

Menurut Retno, yang terpikirkan saat itu hanya bagaimana mengisi waktu luang anak-anak. Lalu muncul ide membuat es puter tetapi dengan bahan dari jamu.

Retno membeli alat-alat untuk membuat es krim, dan anak-anak itu senang dengan memutar-mutar alat es krim. Dan ternyata es krim jamu tersebut menjadi sesuatu yang menarik bagi masyarakat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com