Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatasi Fobia

Kompas.com - 02/01/2012, 03:09 WIB

Slamet Gundono

Slamet Gundono (45) sebenarnya takut akan ketinggian. Namun, demi pertunjukannya bersama ibu-ibu warga Kampung Sewu, dalang wayang suket ini berusaha mengatasi rasa takutnya.

Dia pun berhasil mendalang pada ketinggian 3-3,5 meter di atas panggung di bagian depan forklift. Forklift tersebut naik-turun sesuai dengan perintahnya.

Gundono duduk bersila berteman wayangnya di panggung berukuran sekitar 1 meter x 1 meter yang tak berpagar. Dia menamakan pertunjukannya ini sebagai wayang udara.

”Saya sebenarnya fobia ketinggian, tetapi ternyata kesenian bisa membantu kita mengatasi ketakutan-ketakutan,” katanya seusai pentas di Kampung Sewu, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah, pekan lalu.

Semula, dalam pertunjukannya, Gundono ingin naik tangga ke atap. Namun, hal itu tak memungkinkan karena bobot tubuhnya 250 kilogram. Dia pun menggantinya dengan memanfaatkan forklift agar dapat mencapai ketinggian.

Dalam pertunjukan yang dia beri tajuk ”Blues tuk Simbok” ini, ada adegan membuang nasi ke atas atap, seperti yang pernah dilakukan ibu dan neneknya kala hujan badai.

”Kampung Sewu sering kebanjiran. Kami ingin menemani warganya biar ketika ada bencana bisa tolong-menolong,” kata Gundono. (EKI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com