Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencegah Infeksi Jamur Vagina

Kompas.com - 02/01/2012, 10:26 WIB

KOMPAS.com-  Sekitar 75 persen perempuan mengalami setidaknya sekali infeksi jamur vagina selama hidupnya. Anda bisa mencegahnya dengan cara berikut ini :

* Gunakan celana dalam katun. Hindari pemakaian panty liners yang bisa meningkatkan risiko kekambuhan infeksi jamur vagina. Jamur biasa berkembang dalam lingkungan lembab.

* Hindari celana ketat. Sebaliknya pilih celana pendek atau celana panjang longgar agar daerah intim tetap kering, adem, dan sirkulasi udaranya baik.

* Ganti pakaian basah, terutama seusai berolahraga atau berenang. 

* Jauhi douches, bedak beraroma, tampon, dan semprotan deodoran kewanitaan. Produk-produk ini mengandung bahan kimia dan parfum yang mengganggu keseimbangan bakteri baik dan mikroorganisme lain dalam vagina.

* Bersihkan organ kewanitaan dari arah depan ke belakang guna mencegah penyebaran bakteri dari anus ke vagina.

* Bila Anda mengidap diabetes, kontrol gula darah guna mengurangi risiko infeksi jamur. Kadar glukosa darah yang tidak terkontrol berhubungan dengan berbagai infeksi.

* Mengonsumsi yoghurt yang mengandung kultur hidup Lactobacillus acidophilus guna mencegah infeksi jamur.

* Bila Anda terkena infeksi jamur vagina setelah mengonsumsi antibiotik, bicarakan dengan dokter tentang terapi sebagai tindak pencegahan di awal dan akhir konsumsi antibiotik.

*   Lakukan diet sehat dan kelola stres dengan baik. Meski belum dikonfirmasi lewat penelitian medis, sejumlah perempuan mengatakan bahwa terlalu banyak gula dan stres bisa memicu infeksi jamur. (dee)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com