Sabtu, 22 November 2014 00:36

KONSULTASI / ANAK - ARTIKEL

KONSULTASI ANAK

Bersama Dr.Rifan Fauzie, SpA

Dokter Spesialis Anak di Kelompok Kerja Respirologi Anak, Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta. 

Sunat pada Bayi Laki-laki

Kamis, 5 Januari 2012 | 12:45 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

TANYA:
 
Anak saya berusia 9 bulan, laki-laki. Ia tergolong sehat dan gemuk karena berat badannya 10 kg. Belakangan ini ia sering menangis kencang sekali. Kemarin saya periksakan ke dokter katanya ia fimosis sehingga harus disunat. Saya tidak tega kalau anak sekecil itu disunat, adakah opsi lain selain sunat untuk penyakitnya itu?
 
Ella (30), Jakarta

JAWAB:

Fimosis adalah penyempitan bagian ujung kulit yang membungkus penis si kecil. Seringkali fimosis menjadi faktor risiko untuk terjadinya infeksi saluran kemih, terlebih bila higiene daerah sekitar penis tidak baik. Keluhan yang sering terjadi pada bayi/anak yang mengalami fimosis biasanya adalah sensasi yang tidak nyaman sampai dengan menangis keras saat ia harus berkemih, karena tekanan urin yang kuat dari kandung kemihnya harus melewati saluran yang menyempit akibat fimosis tersebut.

Bila kondisi tersebut terjadi maka sebaiknya penyempitan tersebut harus segera dilebarkan dengan beberapa cara, yaitu diantaranya dengan melebarkan saluran tersebut dengan cara diregangkan menggunakan alat khusus (klem) atau dengan  cara yang lebih permanen, yaitu dengan disunat. Sunat pada bayi selama dilakukan sesuai prosedural medis yang baik maka tidak ada masalah untuk si kecil.

 


Editor :
Lusia Kus Anna
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui