Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Hari Normalnya Periode Haid?

Kompas.com - 07/01/2012, 10:16 WIB


TANYA:

Halo dok, saya mahasiswi berusia 22 tahun. Saya ingin bertanya tentang pola menstruasi yang normal. Sekarang ini siklus haid saya sekitar 28 minggu. Saya tidak pernah mengalami sakit perut setiap haid, Alhamdulilah semua baik saja. Yang jadi pertanyaan adalah berapa hari normalnya haid, karena saya biasanya 3 hari sudah bersih. Namun teman2 saya kebanyakan sampai 7 hari bahkan lebih. Bagaimanakah yang normal?

Hesti, Bandung

JAWAB:

Terimakasih atas pertanyaannya.  Siklus haid yang normal lamanya berkisar 5-7 hari. Sementara jumlah siklusnya 28-35 hari. Untuk mengetahui normal tidaknya jumlah  perdarahan sekitar 2-4 kali ganti pembalut dalam sehari, namun di luar itu belum tentu tidak normal.

Pada wanita lajang seperti Anda, bila ada perubahan dalam siklus haid, ada baiknya kontrol ke dokter kebidanan. Bila tidak ada kelainan fisik biarkan saja tidak perlu segera diatur dengan obat, apalagi tindakan operasi. Siklus haid sangat tergantung dengan pola hidup, kegiatan fisik dan tingkat stres kita.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com