Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Lebam Bekas Kekerasan di Tubuh Faisal dan Budri

Kompas.com - 12/01/2012, 16:04 WIB
Maria Natalia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua tahanan remaja, Faisal (14) dan Budri M Zen (17), ditemukan tewas gantung diri di dalam kamar mandi tahanan anak Polsek Sijunjung pada 28 Desember 2011 lalu. Polisi mengklaim bahwa keduanya bunuh diri.

Namun, keluarga mereka menyatakan adanya lebam-lebam di tubuh korban, yang diduga merupakan hasil dari penyiksaan. Foto dugaan kekerasan ini dijadikan bukti mereka untuk dilaporkan ke Bareskrim Polri.

"Yang paling nyata itu bekas luka yang diduga kuat bekas penyiksaan, lebam-lebam di badan, dan kemudian ada bekas luka di kaki dan beberapa dokumen yang lain. Itu kami punya fotonya," ujar Direktur Direktorat Advokasi YLBHI, Kadir Wokanubun, di Mabes Polri, Kamis (12/1/2012).

Keterangan adanya lebam-lebam ini diperoleh LBH Padang dari dokter yang melakukan pemeriksaan terhadap dua jenazah saat itu. Menurut mereka, dokter juga tidak menyimpulkan bahwa keduanya tewas karena gantung diri. Pihak keluarga sendiri tidak mendapatkan hasil visum keduanya dari kepolisian.

"Dokter kemudian memberi keterangan luka-luka itu akibat benda tumpul. Dan dokter juga tidak menyimpulkan kalau itu meninggal karena gantung diri. Luka paling terlihat di kaki, selebihnya lebam-lebam. Di sebelah kiri kaki itu ada luka sayatan, sayatan ditemukan di kaki Budri," jelas Kadir.

Sementara itu, menurut Vino Oktavian, Direktur LBH Padang, Faisal dan Budri diduga mendapatkan kekerasan dengan dipukul benda tumpul, terutama di bagian leher. "Jadi memang ditemukan tanda-tanda kekerasan dari benda tumpul di leher yang mengakibatkan mati lemas. Keterangan itu berasal dari dokter forensik yang kami temui di sana," ujar Vino.

Sebelumnya diberitakan, Faisal dan Budri ditangkap karena dua kasus yang berbeda. Faisal ditangkap polisi pada Rabu (21/12/2011) pukul 14.00 WIB dengan tuduhan mengambil uang kotak infak masjid. Lima hari kemudian, pada Senin (26/12/2011), Budri juga ditangkap polisi dengan tuduhan kasus pidana pencurian kendaraan bermotor.

Setelah itu, pada Rabu (28/12/2011) tepatnya setelah dua hari sang kakak ditahan, keluarga mendapat kabar bahwa dua kakak beradik tersebut telah meninggal karena bunuh diri dengan cara menggantung diri menggunakan baju tahanan di ruangan sel tahanan Polsek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com