Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teh Wonosari Isi Pasar Luar Negeri

Kompas.com - 15/01/2012, 21:48 WIB
Siwi Yunita Cahyaningrum

Penulis

MALANG, KOMPAS.com- Sebanyak 90 persen produk teh dari Perkebunan Wonosari di Kabupaten Malang mengisi pasar luar negeri. Teh produksi perkebunan itu bersaing dengan Kenya, India, dan China.

RM Gandi, Manajer Perkebunan Teh Wonosari PT Perkebunan Nusantara XII, Sabtu (14/1/2012), mengatakan setiap tahun perkebunannya memasok 800-900 ton teh ke berbagai negara. Jumlah itu kurang lebih mencapai 90 persen dari dari total produksi teh kebun Wonosari per tahun.

"Kami mengisi penjualan langsung ke Malaysia, Singapura, dan Timur Tengah. Beberapa juga dijual ke negara-negara lain namun melalui trader atau broker," kata Gandi.

Di pasar internasional, teh Wonosari diberi label SAR. Teh tersebut biasanya menjadi salah satu komponen bahan baku teh seduh atau teh celup yang diproduksi pabrik minuman ternama di antaranya Lipton.

Menurut Gandi, selama ini teh Jawa atau Java Tea memang diminati di pasaran dunia, salah satunya karena aroma khas yang ada di dalamnya. Di Wonosari, aroma yang terkuat adalah aroma madu atau manis dan buah-buahan seperti mangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com