Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Orang Kaya Lebih Panjang Umur?

Kompas.com - 24/01/2012, 16:11 WIB

KOMPAS.com - Menurut riset yang diadakan oleh lembaga non profit dari Inggris, Longevity Science Advisory Panel, pria-pria terkaya di dunia saat ini rata-rata mencapai usia 80,4 tahun. Ini berarti enam tahun lebih lama daripada pria yang berada dalam kelompok sosio-ekonomi lebih rendah. Jurang harapan hidup antara kelompok kaya dan kelompok miskin pun makin melebar. Sekitar 20 tahun lalu, pria yang lahir dari kalangan sosio-ekonomi yang lebih tinggi diharapkan akan hidup hingga usia 75,6 tahun, hampir lima tahun lebih lama daripada pria dari sosio-ekonomi yang lebih rendah.

Mengapa pria yang lebih kaya bisa hidup lebih lama? Salah satu alasannya (1 persen), karena memiliki lebih banyak uang, mereka juga punya lebih banyak waktu untuk menikmatinya. Sementara pria dengan penghasilan lebih rendah cenderung menjalani hidup yang tidak sehat, begitu menurut penelitian tersebut.

Alasan yang sebenarnya berkaitan dengan bagaimana orang memilih untuk menggunakan uangnya. Dari berbagai lembaga riset disimpulkan bahwa pekerja dengan penghasilan lebih rendah cenderung merokok, minum lebih banyak alkohol, dan memiliki tingkat obesitas yang lebih tinggi. Pada tahun 2011, riset yang digelar oleh pemerintah Inggris menyimpulkan bahwa pada 2009 terjadi lebih dari 6.500 kasus kematian di Inggris yang diakibatkan oleh alkohol. Angka kematian ini juga tertinggi di kalangan ekonomi lemah.

Di Amerika, berbagai lembaga riset menunjukkan tren yang sama. Monique Morrissey, pakar ekonomi yang bernaung di bawah Economic Policy Institute, menyatakan bahwa tingkat obesitas dan kebiasaan merokok hanya merupakan bagian dari kisah tersebut. "Faktor-faktor perilaku ini masih tidak dapat menjelaskan melebarnya jurang dalam harapan hidup," kata Morrissey.

Akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas juga merupakan faktor utama. Ada satu kebijakan yang menurut Morrissey akan membuat hal ini memburuk, yaitu meningkatnya usia persyaratan untuk Medicare dan usia pensiun untuk Social Security. “Hal ini secara tidak proporsional akan memengaruhi standar hidup pensiunan dengan penghasilan rendah, yang bergantung pada program-program tersebut," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com