Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Persiapan untuk Hamil Tahun Ini

Kompas.com - 26/01/2012, 11:24 WIB

Kompas.com - Begitu Anda dan pasangan sudah memutuskan untuk memiliki momongan, semua yang Anda lihat seolah berhubungan dengan bayi. Baik itu kabar persalinan atau kehamilan dari teman, bayi yang imut dan menggemaskan, sampai pernak-pernik bayi.

Meski secara mental Anda sudah merasa siap untuk hamil, namun ada hal penting lain yang harus dipersiapkan agar keinginan menimang bayi segera terwujud.

1. Jadwalkan pemeriksaan fisik

Sebagian besar kehamilan mungkin terjadi begitu saja, padahal pemeriksaan kesehatan adalah hal yang sangat dianjurkan bagi calon orangtua. Hal ini terutama jika Anda atau pasangan menderita penyakit diabetes, endometriosis, atau sudah melebihi usia reproduksi, yakni 20-35 tahun.

2. Miliki berat badan ideal

Banyak yang menganggap percuma menurunkan berat badan sebelum hamil karena toh, saat hamil otomatis berat badan akan bertambah. Tetapi, perempuan yang memiliki berat badan ideal cenderung lebih jarang mengalami komplikasi kehamilan. Wanita yang terlalu kurus atau terlalu gemuk juga beresiko melahirkan prematur, bayi lahir dengan berat rendah, atau bayi kegemukan.

3. Berhenti merokok

Ada banyak alasan mengapa Anda perlu membuang rokok Anda. Tetapi kini ada alasan kuat bagi Anda yang sedang berencana untuk hamil. Merokok akan mengurangi level estrogen sehingga lebih sulit untuk hamil. Nekat merokok saat hamil berarti Anda dengan sengaja membiarkan bayi terpapar nikotin, karbon monoksida, dan tar.

4. Konsumsi vitamin

Suplemen vitamin prenatal dibuat dengan kandungan berbagai vitamin yang diperlukan untuk mendukung kehamilan sehat. Terutama kandungan asam folatnya yang berperan mencegah cacat lahir. Asam folat seharusnya dikonsumsi beberapa bulan sebelum kehamilan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com