Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Tingkatkan Produksi Sperma

Kompas.com - 28/01/2012, 13:48 WIB

Kompas.com - Persiapkan sepatu olahraga Anda. Pria yang secara teratur melakukan olahraga ketahanan (endurance) cenderung memiliki produksi sperma yang lebih baik.

Hal itu dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan periset dari Spanyol. Mereka menguji 31 pria sehat yang secara rutin berolahraga 2-4 kali dalam seminggu. Ketika dibandingkan dengan pria yang jarang berolahraga, ternyata sperma pria-pria ini berenang lebih cepat.

Mengapa demikian? Diana Vaamonde, Ph.D, yang melakukan riset ini menjelaskan bahwa olahraga akan merangsang produksi hormon, seperti testosteron yang diperlukan untuk memiliki cairan mani dan sel sperma sehat.

Kendati demikian, olahraga sebaiknya dilakukan secara moderat. Olahraga terlalu berat dengan intensitas tinggi justru bisa menyebabkan penurunan kualitas sperma di usia 50 tahun. Olahraga yang terlalu esktrim disebutkan akan merangsang pengeluaran hormon stres seperti kortisol yang justru bisa mengganggu hormon seks pria.

Untuk menjaga jumlah sperma tetap tinggi, durasi olahraga yang disarankan adalah sekitar 3-5 jam setiap minggunya yang terbagi dalam beberapa kali.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com