Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghadapi Kontroversi Vaksin

Kompas.com - 31/01/2012, 14:12 WIB

TANYA:

Saya adalah seorang pengajar di sebuah kelompok bermain dan ibu dari dua anak, usia 7 tahun dan 3 tahun. Belakangan ini saya banyak membaca tentang pro kontra pemberian vaksin pada anak. Saya sangat heran mengapa pemerintah dan IDAI seolah diam saja dalam menghadapi kontroversi vaksin ini.

Bagaimanakah sikap IDAI mengenai hal ini. Benarkah vaksin haram? Sebagai masyarakat kami memerlukan panduan dari pejabat berwenang mengenai keamanan vaksin, mengingat ini adalah upaya pencegahan penyakit pada anak.

Gayatri (29), Bandung


JAWAB:

Ibu Gayatri yang baik,
Sebenarnya IDAI dan pemerintah telah melakukan sosialisasi dan penjelasan mengenai hal-hal yang disalahpahami oleh sebagian (kecil) masyarakat. Bahkan dalam waktu dekat ini IDAI juga akan mengeluarkan beberapa komentar balik dalam menjawab kontroversi (yang tidak benar) mengenai vaksin dan vaksinasi.

Mengenai masalah unsur babi, sebenarnya banyak jenis vaksin yang beredar saat ini sudah tidak menggunakan unsur babi atau hewan yang diharamkan. Di samping itu, manfaat vaksin jauh lebih besar dibandingkan dengan mudharatnya, sehingga sebaiknya masyarakat yang menolak vaksinasi diharapkan dapat secara objektif mengubah pandangan tersebut demi kebaikan dan kesehatan anak-anak kita dan demi masa depan mereka yang cerah dan bebas dari gangguan penyakit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com