Jumat, 19 Desember 2014 22:51

6 Faktor Penyebab Penuaan Dini

Penulis : Christina Andhika Setyanti | Kamis, 2 Februari 2012 | 10:33 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

KOMPAS.com - Proses penuaan merupakan proses alami yang akan dialami setiap orang. Namun, ternyata tidak semua orang mengalami penuaan kulit sesuai usianya. "Inilah yang disebut dengan penuaan dini, yaitu sebuah kondisi dimana kulit sudah mengalami penuaan, padahal sebenarnya belum waktunya," tukas dr Eddi Karta, SpKK, spesialis kulit dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dalam acara New Pond's Age Miracle & Pond's Flawless White Beauty Disccusion di Hotel Hilton, Bandung, Rabu (1/2/2012) lalu. Menurut Eddi, ada beberapa faktor yang mempengaruhi penuaan dini pada kulit wajah manusia, terutama perempuan:

1. Kebiasaan yang tidak sehat
Kesehatan kulit sangat dipengaruhi oleh kebiasaan hidup sehari-hari. Kebiasaan buruk seperti merokok, minum kopi dan alkohol, stres, sampai kurang tidur, akan membuat kulit menjadi lebih kering. Kulit yang kering menjadi salah satu penanda dari faktor penuaan dini, karena pada usia produktif kulit manusia sebenarnya masih memiliki tekstur yang baik. Namun berbagai kebiasaan buruk itu membuat sel kulit menjadi rusak, dan kulit menjadi lebih kering, karena kulit tidak mampu menangkap dan mempertahankan air dalam lapisan kulitnya.

2. Efek lingkungan
Lingkungan juga bisa memberi pengaruh buruk bagi kulit Anda. Misalnya saja terlalu sering berada di ruangan berpendingin udara, udara kotor, polusi, sampai radiasi matahari. "Namun yang paling 'jahat' adalah radiasi. Sebaiknya gunakan krim tabir surya agar kulit tidak rusak dan menjadi kanker," tambahnya.

3. Usia
Proses aging atau penuaan akan dimulai pada usia 20-an, namun kulit masih akan mampu menyeimbangkan dan menghambat proses penuaan ini. Kulit akan berkurang kemampuannya untuk memproduksi sel-sel kulit baru ketika sudah memasuki usia di atas 30 tahun.

4. Genetik

"Pada kasus penuaan dini, ada juga orang yang mengalami masalah ini karena faktor keturunan," ujarnya. Gen "aging" yang terbawa dalam diri seseorang akan memungkinkan dirinya menjadi tua sebelum waktunya. Sebaliknya, ada yang memiliki faktor keturunan untuk terlihat awet muda.

5. Kondisi fisik dan kesehatan
Kulit merupakan salah satu salah satu penanda fisik yang menonjol ketika tubuh mengalami masalah kesehatan. "Ketika tubuh sedang sakit, efeknya akan langsung terlihat pada kulit, misalnya menjadi kusam dan tidak bercahaya," tukas Eddi. Jika kulit tidak dirawat dengan tepat setelah mengalami sakit, kulit akan menjadi semakin bermasalah dan rusak.

6. Perawatan diri

Meski akan mengalami masalah penuaan kulit, namun untuk mengurangi dampak kerusakan sebelum waktunya, Anda perlu melakukan perawatan sejak dini. "Perawatan diri yang tepat sesuai kebutuhan kulit akan membuat kulit menjadi sehat dan indah," paparnya.






Editor :
Dini

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui