Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Lansia Melonjak

Kompas.com - 03/02/2012, 09:08 WIB

Jakarta, Kompas - Meningkatnya umur harapan hidup membuat jumlah penduduk berumur di atas 60 tahun, yaitu kelompok lanjut usia, makin besar. Namun, belum ada perhatian dari pemerintah untuk menyediakan sarana prasarana bagi mereka agar bisa menjalani kehidupan dengan baik.

”Pemerintah masih disibukkan dengan upaya agar terpilih kembali dalam pemilu berikutnya hingga mengabaikan pelayanan masyarakat yang bersifat khusus, seperti untuk orang berusia lanjut (lansia),” kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Sugiri Syarief saat dihubungi di Jakarta, Kamis (2/2).

Jumlah lansia di Indonesia pada tahun 2011 sekitar 24 juta jiwa atau hampir 10 persen jumlah penduduk. Padahal, sekitar tahun 1970 baru ada 2 juta orang. Selama 40 tahun, pertambahan jumlah lansia 10 kali lipat, sedangkan jumlah penduduk hanya bertambah 2 kali lipat.

Setiap tahun, jumlah lansia bertambah rata-rata 450.000 orang. Pada tahun 2050, diperkirakan ada 60 juta lansia, setara gabungan penduduk Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten kini.

Menurut Sugiri, perubahan struktur masyarakat tak dipahami pemerintah pusat dan daerah. Perhatian mereka masih terfokus pada layanan untuk orang muda dan produktif saja.

Di Jakarta, ketidakpedulian pemerintah ditunjukkan dengan tidak ramahnya fasilitas umum terhadap keterbatasan lansia. hal itu misalnya curamnya tangga bus transjakarta, angkutan umum menaikturunkan penumpang secara cepat di sembarang tempat, dan tidak ada akses bagi pengguna kursi roda.

”Peningkatan jumlah lansia berdampak luas, mulai dari politik, ekonomi, hingga sosial budaya,” katanya.

Aspirasi politik lansia akan makin menentukan. Produk-produk untuk lansia akan makin banyak diproduksi oleh industri.

Hampir setiap keluarga akan memiliki lansia. Ini menuntut keluarga untuk memahami perilaku dan perawatan lansia.

Dari aspek sebaran, 80 persen lansia ada di pedesaan. Ini membahayakan program ketahanan pangan karena sektor pertanian didominasi lansia yang tenaganya jauh berkurang. Saat ini, rata-rata umur petani 45 tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com