Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RS Didorong Terapkan Konsep Hijau

Kompas.com - 04/02/2012, 04:00 WIB

Jakarta, Kompas - Rumah sakit didorong menerapkan konsep hijau dalam mengelola gedung dan lingkungannya. Ini dilakukan agar tak menimbulkan kerugian kepada warga sekitar akibat limbah yang dihasilkan.

Direktur Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Supriyantoro, Jumat (3/2), di Jakarta, mengatakan, rumah sakit (RS) yang dikelola baik tidak akan menimbulkan kerugian bagi masyarakat.

”Rumah sakit yang berkonsep hijau tidak hanya banyak pohon, tapi juga tidak punya limbah yang berdampak kepada masyarakat,” katanya seusai meresmikan sejumlah fasilitas di RS Pusat Persahabatan Jakarta.

Supriyantoro meresmikan Ruang Super VIP dan VIP Griya Puspa, Ruang Isolasi Influenza, Respiratory Intensive Care Unit (RICU), serta instalasi rawat jalan lantai dua dan tiga. Ruang Isolasi Influenza memiliki 12 tempat tidur pasien.

Ia mengatakan, konsep hijau juga terkait efisiensi penggunaan listrik dan air. Dengan demikian, ongkos operasional RS menjadi hemat dan berkelanjutan.

Terkait Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper), akhir November 2011, Kementerian Lingkungan Hidup mengumumkan 14 RS berkategori biru, 27 RS merah, dan 1 RS hitam. Kategori biru berarti RS menjalankan standar pengelolaan lingkungan. Kategori merah dan hitam berarti RS dinilai masih abai mengelola lingkungan. RS Pusat Persahabatan masuk kategori merah.

Direktur Utama RS Pusat Persahabatan Jakarta Priyanti Z Soepandi mengatakan, pihaknya telah memiliki instalasi pengolahan air limbah. ”Malah beberapa RS belajar ke kami. RS Pusat Persahabatan juga memiliki sistem daur ulang air,” ujarnya. (ICH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com