Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diabetes Ancam Kesehatan Janin

Kompas.com - 06/02/2012, 15:14 WIB

Kompas.com - Menjaga kadar gula darah tetap normal merupakan syarat penting untuk mencegah komplikasi akibat diabetes. Apalagi untuk ibu hamil karena risiko komplikasi pada bayi akan meningkat empat kali lipat jika calon ibu menderita diabetes.

Dalam studi yang dimuat dalam jurnal Diabetologia, para peneliti menemukan risiko kelainan cacat bawaan pada bayi seperti penyakit jantung bawaan dan spina bifida akan jauh lebih tinggi pada ibu hamil yang menderita diabetes.

Penelitian dilakukan melalui analisa data terhadap lebih dari 400.000 wanita yang hamil pada tahun 1996 - 2008 di wilayah timur laut Inggris. Sekitar 1.677 dari wanita itu menderita diabetes.

Data menunjukkan, risiko cacat bawaan naik dari 19 pada tiap 1.000 kehamilan yang sehat menjadi 72 pada tiap 1.000 kehamilan dari wanita penderita diabetes.

Ketua peneliti, Dr.Ruth Bell dari Newcastle University menyebutkan pengendalian gula darah sebelum sampai masa pembuahan merupakan hal yang penting untuk mencegah komplikasi kesehatan bayi.

"Yang sering jadi masalah adalah kebanyakan wanita belum menyadari pentingnya konsultasi untuk mempersiapkan kehamilan," katanya.

Menurut panduan National Institute of Health and Clinical Excellence, setiap wanita yang menderita diabetes seharusnya menurunkan kadar gula darah mereka di bawah 6,1 persen sebelum hamil.

"Kabar baiknya adalah dengan pengaturan pola makan dan olahraga sebelum dan selama kehamilan, cukup banyak bayi yang dilahirkan dari wanita diabetes yang sehat. Yang penting kemauan untuk menjaga kadar glukosa tetap normal," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com