Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patek Terlibat Pemboman 6 Gereja

Kompas.com - 13/02/2012, 14:28 WIB
Maria Natalia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdakwa kasus tindak pidana terorisme, Umar Patek alias Umar Arab, alias Umar Kecil terlibat dalam sejumlah aksi ledakan bom di beberapa gereja di Jakarta. Hal ini terungkap dalam dakwaan pada Patek yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Senin (13/2/2012).

"Akibat terlibat dalam berbagai peledakan bom di Indonesia, terdakwa masuk dalam Daftar Pencarian Orang di kepolisian sejak 26 Desember 2002," ucap Jaksa Penuntut Umum Widodo Supriady.

Dalam sejumlah pemboman di gereja ini, Patek merencanakan aksinya bersama Dulmatin dan Imam Samudera. Ia dan Dulmatin awalnya berada di Pemalang, Jawa Tengah. Atas perintah Imam Samudera, keduanya diminta ke Jakarta untuk membicarakan pemboman gereja untuk Malam Natal pada 24 Desember 2000.

Sebelum pemboman dilakukan, menurut Jaksa, Umar Patek tak mengetahui akan dibawa kemana bom-bom tersebut, ia hanya membantu merakitnya. "Terdakwa tidak diberitahu oleh Dulmatin dan Imam Samudera ke mana bom akan dibawa atau kepada siapa bom-bom tersebut akan diserahkan dan dilaksanakan," tutur Jaksa dalam membacakan dakwaannya.

Berikut daftar pemboman yang melibatkan Umar Patek :

  1. Peledakan bom di Gereja Katedral Jalan Sawah Besar. Dalam aksi ini pelaksaan bom dilakukan oleh Edi Setiono alias Abas dan Musa, 24 Desember 2000.
  2. Peledakan bom di Gereja Kanisius Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, 24 Desember 2000. Dalam aksi ini pelaksaan bom dilakukan oleh Edi Setiono alias Abas dan Musa. Peledak diletakkan di kolong mobil yang diparkir di depan gereja. Bom itu berhasil meledak
  3. Peledakan bom di Gereja Anglican Jalan Arif Rahman Hakim nomor 5 Jakarta Pusat, 24 Desember 2000. Pelaksananya adalah Gerakan Pemuda Islam. Namun satu paket bom yang dibawa tidak meledak.
  4. Peledakan bom di gereja Koinonia Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, 24 Desember 2000. Pelaksana bom ini Abdul Jabar dan Asep, bom kecil yang dirakit berhasil meledak saat itu.
  5. Peledakan bom di gereja Oikumene Jalan Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, 24 Desember 2000. Pelaksana bom ini Abdul Jabar dan Asep, bom kecil yang dirakit mereka berhasil meledak saat itu.
  6. Peledakan bom di Gereja Santo Yosep, Jalan Matraman Raya Nomor 129, Jakarta Timur, 24 Desember 2000. Pelaksana bom ini Abdul Jabar dan Asep, bom kecil yang dirakit mereka berhasil meledak saat itu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com