Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biasakan Kembali Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kompas.com - 16/02/2012, 09:00 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Menyusul merebaknya kasus hepatitis A di Lampung Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana meminta masyarakat untuk kembali membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat.

”Saya sudah meminta kepala dinas kesehatan di daerah (Lampung) untuk menyosialisasikan kembali perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat. Ini, misalnya, dilakukan dengan kebiasaan mencuci tangan dan mencuci piring di air mengalir,” katanya.

Ia juga telah berpesan kepada kepala dinas di kabupaten/kota untuk mewaspadai penyebaran penyakit kuning itu di sekolah-sekolah.

Setiap kantin sekolah diingatkan kembali untuk menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dijual. Terkait kasus 81 siswa yang terjangkit hepatitis A dan tipus di sebuah sekolah di Lampung Selatan, ia mengatakan, penularan penyakit itu terjadi di sebuah kantin sekolah.

”Mungkin karena mencucinya kurang baik, kumannya pingpong (mengendap) di bak tempat cuci piring, lalu menular ke siswa-siswa,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com