Sabtu, 1 Agustus 2015

Health

KONSULTASI SEKS Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS
Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi)

Mengapa Istri Menolak Seks?

Jumat, 17 Februari 2012 | 10:08 WIB

 

TANYA :

Prof, saya seorang lelaki yang sudah menikah. Aktivitas saya di tempat kerja lebih banyak duduk (supervisi jaringan). Gairah seksual saya menggebu-gebu dan gampang terpicu. Sedikit melihat wanita langsung terangsang. Kalau sudah begitu, saya berfantasi menggauli wanita tersebut. Sementara itu, istri ogah-ogahan bahkan tidak mau melayani kebutuhan biologis saya karena alasan capek (sama-sama kerja). Pertanyaan: 1. Apa akibat psikologis yang terjadi bila keadaan saya terus begini? 2. Solusi apa yang tepat untuk mengatasi hal tersebut di atas? Terima kasih atas jawabannya. 

(Tetuko, 38, Bondowoso)

 

JAWAB :

Saya pikir, hal yang mutlak harus Anda lakukan adalah mengetahui dengan pasti mengapa istri tidak mau melakukan hubungan seksual. Apakah benar alasannya itu? Tampaknya kalau alasan "capek", tidak mungkin terus-menerus. Bukankah ada waktu istirahat, paling tidak dalam seminggu?

Andaikata benar istri sangat capek, berarti ada sesuatu kondisi kesehatan yang membuat dia begitu. Tentu saja, keadaan seperti ini harus diatasi, tidak boleh dibiarkan. Anda harus berusaha mengetahui, apakah mungkin penolakannya disebabkan karena selama ini istri tidak menikmati hubungan seksualnya?

Kalau ini benar, maka keadaan ini harus segera diatasi. Harus segera diketahui mengapa istri sampai tidak dapat menikmati. Apakah mungkin karena fungsi seksual Anda tidak normal tanpa Anda sadari?

Mengenai fantasi seksual yang Anda lakukan, sebenarnya bukan masalah, dan tidak akan menimbulkan akibat buruk. Bukan tidak mungkin itu terjadi karena hubungan seksual dengan istri terhambat. Jadi penolakan istrilah yang harus diatasi lebih dulu. Saya yakin penolakan itu terjadi karena istri tidak dapat menikmati kehidupan seksual selama ini.
 

 

Editor : Asep Candra

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat