Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Aman Minuman Kafein untuk Ibu Menyusui?

Kompas.com - 17/02/2012, 16:23 WIB

KOMPAS.com - Bagi para pecinta kopi, sulit rasanya untuk menghentikan kebiasaan ini. Kopi kini tidak hanya menjadi minuman kaum pria saja, tetapi juga para wanita.  Mayo Clinic mencatat bahwa pecinta minuman berkafein ini jauh lebih banyak ketimbang mereka yang mengonsumsi alkohol atau nikotin.

Tapi dalam beberapa kasus seperti misalnya pada ibu menyusui, seberapa amankah konsumsi minuman berkafein seperti kopi?

Dr Loretta Middleton, dokter spesialis anak yang berbasis di San Francisco Amerika Serikat menjelaskan, meskipun kafein telah disetujui untuk konsumsi oleh ibu menyusui, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait kapan harus menyusui dan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein.

Menurut laporan yang baru saja dirilis oleh Harvard School of Medicine, konsumsi kafein yang aman untuk ibu menyusui adalah sekitar 300 mg per hari. Ini setara dengan tiga cangkir kopi per hari.  Kafein dapat ditemukan dalam berbagai produk seperti cokelat dan teh, sehingga sangat penting untuk mempertimbangkan apa saja sumber kafein selain dari kopi.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah kafein dalam ASI dapat bervariasi pada setiap ibu yang menyusui, sekalipun mengonsumsi  kafein dalam jumlah sama," kata Middleton.

"Tingkat kafein dalam ASI akan sangat tinggi pada satu jam pertama setelah Anda meminum kopi. Jadi untuk mengurangi efeknya, Anda dapat memberikan ASI setelah lewat dari satu jam," tambahnya.

Sebuah studi di Mayo Clinic Rochester Minnesota AS menunjukkan bahwa ibu menyusui yang mengonsumsi lebih dari 300 mg kafein per hari, sekitar tiga puluh persen kandungan ASI-nya memiliki kadar zat besi yang rendah ketimbang ASI dari ibu yang minum sedikit kafein. Peneliti juga menemukan, konsumsi kafein berhubungan dengan rendahnya pasokan ASI.

"Konsumsi kafein secara keseluruhan tidak akan bermasalah untuk ibu menyusui jika penggunaannya masih dalam batas wajar," kata Middleton.

"Pastikan asupan kafein Anda tetap di bawah 300 mg. Jadi silakan Anda menikmati secangkir kopi di pagi hari, Karena Anda layak mendapatkannya," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com