Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati Memilih Window Seat di Pesawat

Kompas.com - 22/02/2012, 10:35 WIB

KOMPAS.com - Ketika sedang menumpang pesawat udara, orang biasanya senang memilih tempat duduk di dekat jendela (window seat). Alasannya, supaya bisa melihat pemandangan dengan jelas. Padahal, selain menyebabkan kita jadi sulit keluar-masuk untuk ke toilet, memilih tempat duduk di dekat jendela juga kurang baik untuk kesehatan.

Para dokter memeringatkan bahwa duduk di window seat dapat meningkatkan risiko Deep Vein Thrombosis (DVT), atau pembekuan pada pembuluh darah. Ketika kita tidak bergerak dalam waktu yang lama, seperti ketika kita mojok terus di dekat jendela di pesawat, gumpalan darah bisa terbentuk di pembuluh darah betis dan paha. Nah, bisa fatal akibatnya kalau gumpalan darah tersebut memecah dan memasuki di pembuluh darah, karena bisa menghambat aliran darah ke seluruh tubuh.

Risiko terkena DVT akan meningkat untuk orang-orang di atas 70 tahun, orang yang mengalami overweight, orang yang baru menjalani operasi, atau yang mobilitasnya terbatas, dan memilih window seat dalam penerbangan selama lebih dari empat jam. Ibu hamil dan yang sedang mengonsumsi pil kontrasepsi juga diminta untuk berhati-hati. American College of Chest Physicians, yang mengadakan penelitian ini, menambahkan bahwa risiko DVT paling tinggi terjadi pada penerbangan selama delapan hingga 10 jam.

"Untuk mereka yang terbang lebih dari empat jam, kondisi tak bergerak selama di pesawat dan duduk di dekat jendela (khususnya mereka yang mengidap obesitas) juga meningkatkan risikonya," jelas juru bicara lembaga ini.

Meskipun begitu, tim peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi alkohol selama penerbangan tidak tampak meningkatkan bahaya DVT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com