Minggu, 31 Mei 2015

Health

Mandi Air Dingin Dapat Redakan Nyeri Otot

Jumat, 24 Februari 2012 | 07:43 WIB

KOMPAS.com - Jika otot Anda terasa sakit atau nyeri setelah latihan, segeralah mandi di bawah pancuran air (shower) yang dingin. Kenapa? Sebuah riset terbaru menemukan bahwa mandi air dingin dapat mencegah nyeri pada otot setelah Anda melakukan aktivitas fisik. 

Dalam risetnya, Chris Bleakley, pemimpin penelitian dari University of Ulster, Irlandia utara dan rekan mengumpulkan data 366 atlet dari 17 studi yang ada di dalam sebuah artikel di Cochrane Library, yang mencakup penelitian medis. Peneliti membandingkan 14 studi dari atlet yang mandi di air dingin selama 5-24 menit untuk mengurangi rasa sakit, sementara atlet lainnya hanya beristirahat.

Secara keseluruhan, rasa sakit atau nyeri otot yang dialami oleh atlet empat hari kemudian berkurang antara 15 sampai 20 persen. Tapi Bleakley menekankan, mandi air dingin hanya mengurangi rasa sakit, dan tidak membuat otot lebih kuat. "Ini murni perasaan subjektif dengan mengurangi rasa sakit," katanya

Meskipun secara keseluruhan perawatan ini dapat mengurangi rasa sakit, beberapa ahli menyebut metode ini tidak dapat digunakan sebagai pengobatan standar. "Tidak ada resep tunggal, dan hasilnya akan berbeda di situasi yang berbeda," kata Dr Thomas Best dari Ohio State University Sports Medicine, yang juga terlibat dalam studi ini. Dalam risetnya peneliti tidak menerangkan seberapa sering seorang atlet harus mandi air dingin dan berapa lama mereka harus melakukannya setelah latihan.

Best menambahkan bahwa studi ini hanya dilakukan pada atlet profesional dan hasil mungkin tidak akan sama untuk semua orang.

Editor : Tri Wahono
Sumber: