Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Terbaik Menikmati Buah

Kompas.com - 02/03/2012, 14:22 WIB

KOMPAS.com  -  Dalam sehari batas minimal asupan serat yang dibutuhkan tubuh adalah sekitar 25 gram. Namun, sampai saat ini asupan serat masyarakat Indonesia masih tergolong sangat rendah, yaitu antara 10-15 gram per harinya. Artinya, masyarakat belum banyak mengonsumsi buah dan sayuran untuk mendapatkan manfaat seratnya. Entah karena kurang suka dengan jenis buah yang tersedia, atau bosan dengan penyajiannya.

Jika Anda ingin mulai menyantap buah secara rutin, dan mendapatkan manfaatnya secara langsung, ada berbagai macam cara untuk menikmatinya. "Ada tiga cara yang paling efektif untuk mendapatkan manfaat maksimal buah," tutur dr Samuel Oetoro, MS, SpGK, dalam acara branding buah nusantara di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya yang harus dihindari adalah mengonsumsi buah yang sudah dimasak. Sekitar 40 persen vitamin dalam buah akan berkurang dan rusak ketika dimasak. Karena itu, Samuel menyarankan tiga cara menyantap buah yang memungkinkan vitaminnya terserap dengan baik oleh tubuh:

1. Dipotong
Manfaat buah paling banyak didapatkan dengan menyantapnya langsung, atau dipotong biasa. "Sebenarnya ketika dipotong pun, buah-buahan ini sudah berkurang vitaminnya, namun tak terlalu banyak," ujarnya. Cuci bersih buah-buahan ini, dan lahap juga buah kulitnya, terutama untuk buah-buahan yang berkulit tipis seperti apel dan pir. Pada kulit buah lah terdapat manfaat antioksidan yang tertinggi. Selain itu, menggigit buah secara langsung akan memberi kesempatan mulut untuk mengeluarkan enzim penghancuran makanan, dan membantu aktivitas mulut untuk bergerak secara aktif dan efektif.

2. Dihaluskan
Jika bosan menyantap buah dengan cara langsung atau dipotong langsung, ada juga cara lain yang bisa dilakukan untuk menyerap manfaatnya dengan cepat, yaitu dengan cara dihaluskan atau diblender. Dengan menghaluskan buah-buahan ini, Anda bisa menyantapnya lebih mudah. Namun, sebisa mungkin hindari penambahan gula yang terlalu banyak ke dalamnya, karena buah sudah mengandung pemanis alami yang sehat. Sayangnya, menghaluskan buah ini akan merusak sel-sel buah termasuk menghancurkan serat-seratnya sehingga mengurangi manfaat seratnya.

3. Diambil sarinya
Menyantap buah dengan cara mengambil sarinya merupakan cara yang paling banyak menghilangkan manfaat serta vitamin-vitamin dalam buah. Karena dengan cara ini, Anda hanya mengambil sedikit kandungan vitamin yang ada dalam sari buah, dan menyisakan daging buah atau ampasnya. Padahal sebenarnya, di dalam ampas daging buah ini juga masih terdapat banyak vitamin lain serta serat. "Jika mengonsumsi buah dengan cara ini, Anda hanya akan mendapat sangat sedikit serat yang dibutuhkan oleh tubuh," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com