Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Minum Pil KB?

Kompas.com - 03/03/2012, 08:06 WIB

TANYA:
 
Dok, sejak bulan Januari saya mengonsumsi pil KB. Tetapi saya bingung dengan cara pemakaiannya. Saya bertanya kepada teman tapi jawabannya simpang siur. Yang saya ingin tanyakan, setelah saya haid sebulan saya tidak haid. Ada yang bilang saya harus minum pil KB lagi karena kalau putus minum malah bisa hamil.
 
Benarkah jika pil sudah habis sebulan kita harus berhenti dulu selama seminggu agar haid dulu? Bagaimana sebenarnya dok, saya tidak ingin hamil dulu.
 
Ainur Rochma, Jember

JAWAB

Ibu Ainur Yth,
Untuk pemakaian pil KB memang ada beberapa cara, tapi sebetulnya tujuannya sama. Sayang ibu tidak mencantumkan umur, jumlah anak dan mau berapa lama pemakaiannya. Bila ibu beli pil KB yang jumlahnya 28 maka ibu minum terus, tapi bila beli pil KB yang jumlahnya 21 pil, maka ibu minum untuk 21 hari dan 7 hari tidak minum pil. Kedua cara tadi memang harus secara teratur dijalankan untuk mencapai hasil yang maksimal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com