Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Prematur Lebih Rentan Asma

Kompas.com - 03/03/2012, 08:31 WIB

Kompas.com - Bayi yang lahir prematur atau di usia kehamilan kurang dari 37 minggu memerlukan perawatan yang berbeda dengan bayi yang lahir cukup bulan. Risiko gangguan kesehatan yang dimilikinya juga lebih besar.

Dalam penelitian terhadap 14.000 anak yang lahir 10 tahun lalu, terungkap gangguan kesehatan yang dimiliki bayi-bayi prematur saat mereka berusia 5 tahun. Selain lebih rentan sakit mereka juga beresiko tinggi menderita asma.

Makin cepat bayi tersebut lahir, makin besar pula risiko gangguan kesehatannya. Misalnya saja, hanya 15 persen bayi cukup bulan yang menderita alergi, namun bayi yang lahir beberapa minggu lebih awal ada 17 persen yang menderita alergi.

Di Inggris diperkirakan 100.000 bayi lahir di usia kehamilan 37 - 38 minggu setiap tahunnya. Bayi yang lahir prematur umumnya lebih lambat dalam penguasaan suatu keterampilan misalnya dalam perkembangan motorik kasarnya.

"Hasil penelitian terbaru ini menunjukkan sebenarnya yang paling tepat adalah adanya tingkatan risiko kesehatan seiring dengan usia kehamilan saat bayi dilahirkan. Makin matang usianya, makin kecil risikonya," kata Dr.Elaine Boyle, yang melakukan penelitian ini.

Karena itu bayi yang lahir lebih awal tersebut harus terus dipantau tumbuh kembangnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com