Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buah Manggis Semanis Harganya...

Kompas.com - 08/03/2012, 03:07 WIB

Herlambang Jaluardi

Di tengah siang yang terik mengalun irama dangdut bertempo cepat dari radio kecil di atas peti kayu di kios Usaha Dagang Fauzan Berkah, Kampung Cisonggom, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Iramanya menggambarkan semangat pekerja saat musim panen buah manggis.

Masa panen manggis (Garcinia mangostana) pada akhir Februari itu merupakan tahap kedua, dari tiga tahap yang biasanya terjadi selama empat-lima bulan. Panen tahap pertama sudah selesai akhir Desember lalu. Para pekerja rata-rata memanen hasil lebih banyak pada tahap kedua ini dibanding sebelumnya.

”Curah hujan setelah akhir panen lalu lebih ideal bagi manggis. Tidak terlalu basah, tetapi juga tidak kekeringan,” kata Soleh Supendi (35), pemilik UD Fauzan Berkah, Rabu (29/2).

Saat ditemui, pemuda yang telah tujuh tahun menekuni bisnis manggis ini sedang menyiapkan pengiriman 65 koli manggis kualitas super ke Jakarta. Manggis setara 1 ton itu selanjutnya akan diekspor ke China.

Sehari sebelumnya, Soleh menerima sedikitnya lima ton manggis dari para petani. Buah berkulit ungu gelap tersebut lantas dipilah berdasarkan kualitasnya oleh empat karyawan. Pemilahan, antara lain, berdasarkan tekstur warna kulit dan kelengkapan kelopak hijau di bagian atas buah, yang umumnya berjumlah empat buah.

”Karena sangat banyak buah yang masuk, kami belum cukup tidur sejak semalam. Fisik tidak terlalu capek sebenarnya. Hanya pikiran yang lelah karena harus teliti mengamati satu per satu,” kata salah seorang pemilah.

Perbedaan perlakuan bagi manggis untuk kebutuhan ekspor dan dalam negeri terlihat di ruangan pemilahan yang berpenerangan lampu neon tersebut. Manggis kualitas ekspor di masukkan dalam peti plastik merah, yang sebelumnya dilapisi kertas putih. Sebelum ditutup, manggis itu diperciki cairan pengawet untuk menjaga kesegaran kulit.

Adapun manggis untuk pasar dalam negeri, istilahnya BS (buah sisa), dikumpulkan dalam peti kayu, tanpa pelapis kertas, tanpa pengawet. Warna kulit buah untuk pasar dalam negeri pun terkesan lebih kusam. Namun, jangan tertipu penampilan, rasanya lebih manis dibandingkan dengan yang kualitas ekspor. ”BS memang lebih matang dibandingkan yang untuk ekspor,” kata Soleh.

Penghasilan tambahan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com