Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melepas Bayang-Bayang Pacar Berusia Lebih Tua

Kompas.com - 08/03/2012, 06:27 WIB

TANYA :

Saya adalah seorang remaja, namun saya merasa lebih dewasa dari usia saya saat ini.  Dalam tiga tahun terakhir ini, saya menjalani suatu hubungan. Saya memiliki pacar seorang pria berusia 31 tahun. Memang sangat jauh perbedaan umur kami. Namun sebenarnya, pacar saya telah memiliki pasangan lain. Sebut saja Mrs.N. Mereka sudah 8 tahun berpacaran, namun saya tidak peduli dengan hal tersebut.  Saya juga sering diselingkuhi oleh pacar saya, tetapi saya tidak mau berpisah dengan dia. Dok, apakah saya ini memiliki kepribadian yang aneh ?  Bagaimana cara saya agar mengatasi  hal ini dan saya bisa bebas dari bayang-bayangnya. Terima kasih.

(Fani, 16, Jakarta)

JAWAB :

Fani yang baik,

Usia Fani saat ini adalah usia perkembangan kepribadian. Perkembangan kepribadian saat usia sebelum 18 tahun belum dikatakan matang. Kondisi lingkungan, baik orang maupun peristiwa-peristiwa sekitar masih sangat mempengaruhi kepribadian dan cara bersikap usia seumur Fani. Secara perkembangan sosial, Fani masih berada pada masa pencarian jati diri. Remaja seusia Fani biasanya mulai mencari bentuk kepribadian yang ingin mereka "tiru" untuk ke depannya.

Tidak jarang mereka mengidolakan tokoh-tokoh publik atau artis dan ikut-ikutan gaya mereka. Kesan coba-coba bahkan untuk hal yang berbahaya atau berisiko juga sering kerap dilakukan. Salah satunya apa yang dilakukan Fani saat ini. Fani mengerti bahwa berhubungan asmara dengan pria yang sudah mempunyai pasangan sama sekali tidak disarankan karena akan membuat kesulitan bagi diri kita sendiri, tetapi Fani tetap tidak peduli. Ini mungkin karena dalam hati Fani sendiri merasa ada keinginan bisa "bersaing" dengan Mrs.N yang merupakan pasangan si pria ini dan Fani berharap bisa menang.

Walaupun pacar Fani telah berbuat yang tidak pantas terhadap Fani, Fani tetap ngotot karena mungkin ingin membuktikan bisa memiliki pacar Fani seutuhnya. Paling mudah mengatasi kondisi ini adalah lepas dari si pria ini. Buat apa diteruskan kalau hanya membawa penderitaan? Fani juga masih sangat muda, masih banyak perlu berteman dan mengenal karakter laki-laki sebelum memutuskan berhubungan asmara lebih jauh. Masih banyak yang bisa dilakukan oleh remaja seusia Fani demi mengisi kegiatan sehari-hari.

Semoga bisa membantu. Salam Sehat Jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com