Senin, 4 Mei 2015

Health

Jatim Belum Akan Tambah Lapas Anak

Jumat, 9 Maret 2012 | 16:24 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com - Di Jawa Timur, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) untuk anak hanya ada satu, yaitu di Blitar. Namun demikian, hingga kini instansi terkait belum ada rencana menambah jumlah Lapas karena akan memperburuk citra kesadaran hukum di masyarakat.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Timur, Mashudi mengatakan, penambahan jumlah Lapas tidak akan menyelesaikan masalah jika kesadaran hukum masyarakat tidak ditingkatkan.

Bahkan menurutnya, penambahan jumlah Lapas seakan sebagai bentuk pengharapan agar semakin banyak orang bermasalah dengan hukum. "Harapan saya, Lapas anak cukup satu dan anak-anak yang berhadapan dengan hukum semakin berkurang," kata Mashudi saat kunjungan kerja di Lapas Kelas 2 A Kediri di Kediri, Jawa Timur, Jumat (9/3/2012).

Sehingga saat ini, lanjut Mashudi, yang perlu dilakukan adalah memaksimalkan fungsi Lapas yang sudah ada dan menekan jumlah pelanggaran hukum yang dilakukan anak-anak. Saat ini ada sekitar 300 anak yang menjadi penghuni lapas anak dengan status tahanan maupun narapidana. Mereka berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Kepada mereka, selain diberikan pembinaan, juga diberikan haknya dalam hal pendidikan. "Pendidikannya wajib diberikan," pungkasnya.

Penulis: M Agus Fauzul Hakim
Editor : I Made Asdhiana