Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan BBM Pengaruhi Harga Obat

Kompas.com - 10/03/2012, 09:50 WIB

KOMPAS.com - Menjelang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif dasar listrik dikhawatirkan akan berimbas pada kenaikan harga obat. Kendati begitu pemerintah berjanji untuk mengendalikan harga obat generik.

"Siapa yang bisa jamin? Yang jelas kita akan berupaya untuk mengendalikan harga obat generik. Kita akan utamakan mengendalikan harga obat generik yang esensial, dengan menetapkan peraturan menteri kesehatan tentang harga obat generik," ucap Maura Linda Sitanggang, Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementrian Kesehatan di Jakarta, Jumat, (9/3/2012).

Linda mengaku bahwa pemerintah tidak memiliki anggaran khusus atau subsidi untuk obat generik. Ia menilai strategi yang paling efektif untuk mengendalikan harga obat generik adalah dengan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

"Tetapi yang jelas dari pengalaman yang sudah-sudah, walaupun terjadi kenaikan harga, biasanya untuk obat diupayakan agar harganya lebih stabil ketimbang yang lain jadi tren naiknya mungkin paling belakangan," terangnya.

Linda juga menambahkan bahwa kenaikan harga obat tidak selalu dipengaruhi atau ditentukan oleh kenaikan harga BBM. Harus dilihat pula pengaruh harga BBM pada harga-harga lain, misalnya terhadap kenaikan harga bahan baku, kemasan dan operasional produksinya.

"Kalau itu tidak berpengaruh kita harapkan tidak terjadi kenaikan. Jadi kita lihat seberapa besar pengaruh hal tersebut untuk membentuk harga," tutupnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com