Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Induksi Pesalinan Bisa Memicu Komplikasi

Kompas.com - 10/03/2012, 14:24 WIB

Kompas.com - Pemberian induksi atau rangsangan untuk memicu proses persalinan seharusnya diberikan pada waktu yang paling tepat. Induksi yang tidak dibutuhkan bisa meningkatkan risiko operasi caesar dan komplikasi pada bayi.

Dibandingkan dengan persalinan spontan, merangsang persalinan untuk alasan yang tidak tepat bisa meningkatkan risiko bedah caesar hingga 67 persen. Dampak lainnya adalah meningkatkan risiko bayi harus dirawat secara intensif di neonatal intensive care unit (NICU).

Para ibu yang melahirkan pada atau setelah usia kehamilan 41 minggu lebih tidak memerlukan suntikan penghilang sakit seperti epidural atau analgesik spinal. Mereka yang melahikran di usia kehamilan setelah 37 minggu risikonya untuk mengalami robekan perineum lebih kecil, dan risiko komplikasi persalinan paling rendah ditemukan pada persalinan setelah 38 minggu.

secara umum, risiko komplikasi persalinan yang rendah, baik pada ibu dan bayi adalah persalinan di usia 38-39 minggu secara spontan atau alami.

Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti dari Australia dengan menganalisa data lebih dari 28.000 perempuan, baik yang melahirkan spontan, induksi karena alasan medis, serta induksi karena alasan yang tidak jelas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com