Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Penanganan Nyeri

Kompas.com - 12/03/2012, 10:17 WIB

Jakarta, Kompas - Rasa nyeri oleh masyarakat awam dianggap hal sepele dan diobati seadanya. Padahal, nyeri kronis dapat memperburuk kesehatan.

Hal ini disampaikan Aida Tantri dari Departemen Anestesi dan Intensive Care FKUI-RSCM Jakarta, Sabtu (10/3), dalam Forum Internasional Penanganan Nyeri yang diadakan Joint Commission International (JCI), institusi pemberi pelayanan akreditasi pelayanan kesehatan dan sertifikasi, serta perusahaan farmasi Pfizer Indonesia.

Nyeri kronis kini menjadi masalah kesehatan utama terutama di Asia Pasifik. Gangguan ini menyerang satu dari lima orang dewasa di seluruh dunia. Nyeri kronis diprediksi akan menjadi salah satu masalah kesehatan kritis di Asia Pasifik seiring peningkatan populasi manusia usia lanjut.

Sayangnya, penyakit ini sering diabaikan karena kurangnya pemahaman masyarakat. Padahal, nyeri kronis dapat membatasi kualitas hidup dan kesejahteraan penderita secara drastis serta dapat memberi beban berat pada sistem pelayanan kesehatan, Aida memaparkan.

Biasanya nyeri akut dianggap sebagai gejala penyakit atau cedera. Nyeri kronis dalam jangka waktu panjang atau setelah cedera atau penyakit susah disembuhkan. Dalam kasus ini, nyeri kronis menjadi masalah kesehatan yang spesifik, terkait masalah fisiologis dan psikososial.

Nyeri kronis dapat memperburuk kualitas hidup pasien karena akan menurunkan kemampuan bekerja, menimbulkan gangguan tidur, kecemasan, frustrasi, dan depresi, kurang nafsu makan, meningkatkan kerentanan terhadap penyakit, berdampak negatif pada sikap dan gaya hidup, serta ketergantungan pada obat dan perawatan medis.

Data survei pascaoperasi di RSCM, menurut Aida, menunjukkan nyeri terus-menerus dialami 16,6 persen pasien. Derajat nyeri berat dirasakan 16,67 persen pasien, nyeri sedang 41,7 persen, dan sisanya nyeri ringan.

Nyeri kronis sering kali diasosiasikan dengan diabetes, kanker, HIV/AIDS, dan depresi. Selain itu, dikaitkan juga dengan penyakit usia lanjut, seperti ruam saraf, artritis (nyeri sendi), nyeri punggung, dan nyeri otot. ”Sudah saatnya mengedukasi penderita, tenaga kesehatan, dan masyarakat tentang nyeri kronis serta perlunya mengurangi rasa sakit berkepanjangan,” kata Aida.

Mengurangi dan mengatasi rasa sakit adalah tujuan penting bagi tenaga medis. Pengendalian rasa sakit dapat membantu pasien untuk sembuh lebih cepat. ”Selain itu, mengurangi risiko komplikasi setelah operasi, seperti radang paru dan penggumpalan darah,” kata Paul Chand, Managing Director JCI Asia Pasifik. Di JCI, pengelolaan rasa sakit menjadi bagian integral dari proses akreditasi untuk keselamatan dan kualitas penanganan pasien.

Indikator utama

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com