Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluhan Sesak Belum Tentu Sakit Jantung

Kompas.com - 14/03/2012, 13:10 WIB

TANYA : 

Sore dok, saya ingin bertanya mengenai keluhan yang saya alami. Beberapa hari ini, saya merasa sesak apalagi saat mengerjakan sesuatu yang sedikit berat.  Saya kadang ngos-ngosan dan bagian perut samping kanan saya kadang terasa panas sampai  ke bagian belakang.  Suhu badan saya juga kadang panas, apalagi bila sudah masuk malam hari. Saya juga sering mengalami sakit kepala.  Apakah penyakit yang saya alami?  Apakah ini penyakit jantung atau ada penyakit lain, karena air seni saya tidak begitu jernih, terkadang berwarna kekuning-kuningan. Saya takutnya ada gejala sakit ginjal. Terima kasih atas jawabannya.

(Ekho Fend, 20, Makassar)

JAWAB :

Mas Ekho yang baik, sayang sekali anda tidak menjelaskan apakah selain aktivitas yang mempeberat sesak anda, ada yang lain yang memperberat sesak anda? Bagaimana dengan kaki yang bengkak? Tidur yang terganggu karena sesak, atau adakah keluhan lain yang berkaitan dengan sesak anda, seperti berapa lama sudah anda sesak ataukah baru sebentar.

Sakit jantung pada usia 20 jarang dialami akan tetapi tidak menutup kemungkinan bisa saja terjadi, akan tetapi gejala sesak sangatlah luas. Bukan hanya jantung saja yang bisa anda alami, tapi mungkin organ lainya yang bis menyebabkan sesak napas.

Lalu demam pada malam hari yang anda alami apakah tiap hari? Apakah pernah anda obati dan tidak hilang?  Karena gejala yang anda alami tidak khas untuk sakit jantung, dan demam yang anda alami di malam hari masih memungkinkan akan adanya penyakit infeksi yang berkaitan, seperti infeksi paru ataukah infeksi lainnya. Sayangnya  anda juga tidak menjelaskan apakah anda batuk, mengalami penurunan berat badan ataukah ada gejala lain yang menyertai penyakit demam anda.

Untuk kencing yang berwarna kekuningan, kencing yang berwarna kuning bukanlah gejala sakit ginjal, jika kondisi dalam keadaan sehat pun, kalau seseorang mengalami kurang asupan minum bisa mengalami kencing yang kekuningan, salah satunya mengetahui apakah anda cukup minum hari itu adalah dengan memantau warna air seni anda.

Saran saya, jika anda mengalami sesak yang masih tidak hilang dan makin bertambah, segeralah periksakan ke dokter yang anda percayai untuk evaluasi lebih lanjut, karena sangat mungkin bahkan anda akan dilakukan berbagai pemeriksaan termasuk foto rontgen paru, dan juga anda akan ditanya mengenai gejala yang anda alami secara mendetail sehingga bisa diambil kesimpulan mengenai penyakit anda. Semoga jawaban saya bisa membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com