Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antidepresan Bikin Ibu Malas Menyusui

Kompas.com - 14/03/2012, 13:43 WIB

KOMPAS.com - Sebuah riset terbaru menemukan adanya hubungan antara penggunaan obat antidepresan dengan kesempatan ibu untuk menyusui bayi mereka. Temuan menunjukkan, wanita hamil yang mengonsumsi antidepresan golongan selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) selama kehamilan cederung malas untuk menyusui bayi.

Dalam suatu riset yang dipublikasikan Journal of Human Lactation edisi online pada Februari 2012, peneliti menganalisis data dari 466 wanita hamil yang diperoleh dari Connecticut Pregnancy Exposure Information Service (CPEIS) selama lebih dari 10 tahun. Data tersebut di antaranya berisi mengenai informasi seberapa sering mereka yang mengonsumsi antidepresan semasa hamil.

Hasil penelitian menunjukkan, wanita hamil yang selalu mengonsumsi SSRI selama kehamilan, sekitar 60 persen lebih rendah untuk menyusui ketimbang wanita yang tidak menggunakan obat antidepresan.

"Manfaat dari menyusui untuk bayi sangat jelas. Studi ini menunjukkan bahwa perempuan yang minum antidepresan semasa kehamilan cenderung tidak memberikan ASI kepada bayi mereka.," kata Christina Chambers, seorang profesor ilmu kesehatan anak dari University of California San Diego.

"Apakah ini karena ibu tersebut takut membahayakan bayinya karena tahu efek buruk dari konsumsi obat antidepresan atau karena akibat depresi ibu itu sendiri. Alasannya masih belum jelas," tambahnya.

Sementara itu, koordinator CPEIS, Sharon Voyer Lavigne mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi SSRI atau obat antidepresan selama kehamilan perlu dukungan dan pemahaman tambahan tentang pentingnya menyusui.

"Tujuan kami adalah untuk menyediakan informasi yang akurat dan terbaru mengenai pentingnya menyusui. Temuan ini memungkinkan kepada wanita hamil untuk mempertimbangkan mengonsumsi obat terkait risiko yang mungkin terjadi pada bayi mereka," jelas Voyer Lavigne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com