Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Memilih Program Kehamilan

Kompas.com - 15/03/2012, 15:26 WIB

TANYA:
 
Dok saya sudah tiga tahun menikah belum juga hamil. Tahun ini saya berusia 33 tahun dan suami 34 tahun. Kami berencana untuk mulai melakukan program kehamilan. Sejauh ini menurut pemeriksaan kami berdua sehat. Kami ingin minta saran program kehamilan apa yang harus dilakukan, apakah inseminasi atau bayi tabung. Terima kasih atas masukannya.
 
Diani, Depok

JAWAB :

Ibu Diani Yth,
Untuk program hamil ini mudah-mudahan ibu telah melakukan pemeriksaan infertilitas atau kesuburandasar. Bila keduanya normal maka bisa di mulai dengan proses picu ovulasi ( diberi obat penyubur ) . Bila belum berhasil maka boleh dilakukan inseminasi.

Bila belum berhasil juga sebaiknya ibu istirahat dulu saja. Di samping itu ada baiknya juga diperhatikan diet dengan makanan yang sehat dan gaya hidup yang sehat pula. Bayi tabung merupakan pilihan terakhir. Mudah-mudahan segera hamil. Amin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com