Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentuk, Aroma dan Warna Sperma yang Baik

Kompas.com - 16/03/2012, 08:10 WIB

TANYA :

Prof, saya ingin bertanya mengenai kualitas sperma. Sebenarnya, seperti apakah bentuk, aroma dan warna sperma atau air mani lelaki yang normal? Berapa banyak pula volumenya yang ideal saat ejakulasi? Ketika saya melakukan masturbasi, saya mendapati sperma saya ada semacam cendol bening atau seperti ada ampasnya dan menggumpal.Kira-kira, gejala apakah ini. Apakah ini termasuk normal? Terima kasih.

(Ardian,19, Klaten)


JAWAB : 

Sperma normal secara kasat mata dapat dilihat sebagai berikut. Warna kelabu pucat, aroma khas (seperti bunga akasia), volume sekitar 2-4 ml. Ketika baru dikeluarkan tampak gumpalan, yang dalam waktu beberapa menit akan mencair. Selanjutnya diperlukan pemeriksaan di bawah mikroskop untuk mengetahui kualitas dan kuantitasnya, apakah normal atiu tidak. Dari situ dapat disimpulkan, apakah kesuburan normal atau tidak normal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com