Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obat Asma Bikin Resisten?

Kompas.com - 22/03/2012, 12:11 WIB

TANYA:
 

Dok, anak saya lahir prematur pada usia kehamilan 7 bulan 2 minggu, BB lahir 1500gr. Setelah menginjak usia 5 tahun anak saya dinyatakan dokter terkena gejala asma, dan hampir setiap bulannya harus berobat karena batuk dan sesak nafas. Gimana ya dok cara menjaga kekebalan tubuhnya dan apakah tidak menimbulkan resisten obat jika berobat sering ke spesialis anak, dan bagaimanakah hubungannya dengan kecerdasan otaknya, dokter, terimakasih.
(Khansa Zulfa, Bekasi)

JAWAB :

Ibu Khansa yang baik,
Asma adalah termasuk penyakit alergi. Semua penyakit alergi akan timbul gejalanya apabila terstimulasi oleh zat-zat yang dapat menyebabkan munculnya gejala alergi (alergen). Alergen yang tersering adalah alergen inhalan (hirupan) seperti asap rokok, obat nyamuk, debu, serbuk tanaman, serbuk kapuk, bulu-bulu hewan, tungau debu, udara dingin dan sebagainya.

Terapi paling baik untuk asma, sebagaimana penyakit alergi lainnya adalah dengan menghindari alergen-alergen yang dicurigai dapat mencetuskan serangan asma tersebut. Obat-obatan terutama diberikan sebagai terapi untuk menghilangkan gejala/serangan asma.

Perbaiki dan optimalkan asupan nutrisi, lengkapi imunisasi, dan hindari pencetus-pencetus serangan asma, maka serangan asmanya dapat dikontrol. Anak-anak dengan asma dapat tumbuh dan berkembang sama baiknya dengan anak tanpa asma terutama bila tindakan pencegahan/penghindaran terhadap pencetus serangan dilakukan dengan baik dan optimal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com