Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Risiko Bila Bayi Perempuan Tak Disunat

Kompas.com - 24/03/2012, 08:34 WIB

TANYA:
 
Saya mempunyai anak perempuan yang usianya 2 tahun. Dari bayi sampai sekarang ia tidak lepas dari popok sekali pakai. Apakah itu bisa mengganggu kesehatannya? Dia juga belum disunat karena sekarang ini sudah tidak ada bidan yang mau melakukannya. Apakah ada risiko kesehatan jika ia tidak disunat. Terima kasih penjelasannya.
 
Nisa, Lampung

 

JAWAB :

Ibu Nisa yang baik,

Sunat pada anak perempuan saat ini memang masih menjadi kontroversi, dan sebagian (besar) tenaga medis memilih untuk tidak melakukannya. Dari sisi medis, tidak didapatkan manfaat yang jelas terhadap sunat pada anak perempuan, berbeda dengan sunat pada anak laki-laki.

Sedangkan mengenai pemakaian popok sekali pakai, seusianya si kecil sudah dapat dilatih untuk mulai melepaskan ketergantungan terhadap popok tersebut dengan melatihnya untuk mau berkemih/buang air besar di tempat seharusnya seperti di pispot, baik di pispot khusus untuk anak maupun di kamar mandi. Namun sudah tentu in memerlukan proses yang berlangsung secara bertahap sesuai dengan kemauan dan kemampuan si kecil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com