Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2012, 07:48 WIB

TANYA : 

Dear Konselor AIMI, saya seorang ibu pekerja meninggalkan bayi 12 jam/hari. Selama ditinggal saya sudah menyiapkan ASIP. Beberapa waktu lalu, bayi saya Harsha (9,5bln) terkena demam 3 hari dan tidak ada gejala lanjutan. Tapi setelah demam, dia jadi enggak mau minum ASIP.. Maunya menyusui langsung. Segala media pemberian ASIP sudah dicoba (dot, gelas, sendok, dll) tapi belum berhasil. Selama ini saya gencarin MPASI dan menyusui langsung di malam hari. Apakah berbahaya bagi bayi saya kalau dia tidak minum ASI siang hari? Saya masih mencari alternatif selain sufor. I desperately need help.. Terimakasih banyak atas jawabannya.

(Dini R Utami, 27, Ciputat)

JAWAB :

Dear ibu Dini

Kami mengenal hal ini dengan menolak menyusu (nursing strike). Menolak menyusu dapat disebabkan oleh beberapa hal,  pascabayi sakit adalah salah satunya. Mungkin ketika bayi sakit, sensori mulutnya menjadi lebih sensitif sehingga menolak menerima ASI perah yang sudah disimpan dalam wadah.

Ketika bayi sakit juga cenderung ingin didekap, merasakan kehangatan dan kenyamanan sehingga ingin selalu dekat dengan ibu, khususnya wilayah dekat payudara.  Maka dari itulah bayi selalu ingin menyusu langsung.

Untuk bayi ibu usianya yang sudah 9,5 bulan, pemberian makanannya adalah ASI ditambah makanan nutrisi berimbang.  Langkah yang ibu lakukan sudah benar yakni dengan memperbanyak dan memvariasikan MPASInya.  Hal itu  menjadikan ibu juga memiliki kesempatan untuk terus mempertahankan produksi dengan memerah selama di kantor.

Ada baiknya pula dicari tahu rasa ASIP setelah disimpan beberapa waktu, dicari tahu cara pengasuh membersihkan wadah dan metode penyimpanan ASIP, dan dicari tahu pendekatan pemberian ASIP melalui media gelas sendok, apakah sudah benar. Kami menyarankan sebaiknya tidak menggunakan dot karena akan membuat bayi bingung puting.

Karena usianya juga sudah  beranjak, maka bisa dicoba menggunakan sippi cup. Disarankan untuk terus memberikan ASIP baik pagi, siang selama ibu bekerja dan tetap menyusui langsung dari payudara selama malam dan selama ibu berada dekat dengan bayinya.

Semangat ya ibu Dini...

Salam ASI! 

Farahdibha

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com