Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obat Diabetes Bantu Cegah Sakit Jantung

Kompas.com - 28/03/2012, 17:43 WIB

KOMPAS.com -  Riset awal yang dilakukan para ahli menunjukkan adanya potensi dan manfaat penggunaan obat diabetes yang sudah dikenal luas yakni metformin terhadap kesehatan jantung. Penelitian pada hewan yang dilakukan para ilmuwan dari Sahlgrenska Academy University of Gothenburg, Swedia mengindikasikan bahwa metformin dapat memberikan efek protektif terhadap jantung.

Dalam risetnya, peneliti melakukan percobaan kepada tikus untuk melihat dampak pemberian metformin. Studi ini merupakan hasil kerjasama dengan para ilmuwan dari Naples dan telah dipublikasikan dalam journal Diabetes pada 22 Februari 2012.

Hasil penelitian mengungkapkan, penggunaan metformin dapat membantu meningkatkan kapasitas pompa jantung, meningkatkan keseimbangan energi, mengurangi akumulasi lemak, dan membatasi hilangnya jumlah sel jantung yang mati.

Efek jangka panjang

Dalam kajiannya, peneliti juga melakukan percobaan menggunakan obat diabetes jenis lain (selain metformin) untuk mengetahui sejauh mana efek perlindungan pada jantung. Hasil menunjukkan, hewan yang diberi obat diabetes jenis lain, tidak mendapatkan manfaat positif pada jantung.

"Hewan-hewan yang digunakan dalam penelitian ini diberi metformin selama satu tahun, sehingga efeknya bertahan lama," kata Jorgen Isgaard, selaku pemimpin penelitian.

Penelitian terbaru pada pasien

Penggunaan obat-obat diabetes telah terbukti menimbulkan sejumlah efek samping serius pada pasien penyakit jantung. Rosiglitazone misalnya, baru-baru ini ditarik karena memiliki efek samping terhadap jantung. Sementara itu, metformin terkadang juga memiliki efek samping, terutama pada pasien dengan gagal ginjal.

"Hasil kami tetap memperkuat indikasi untuk menggunakan metformin sebagai obat diabetes, dan kami berharap ke depannya akan dilakukan penelitian terhadap pasien yang sebenarnya," kata Isgaard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com