Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Istri Sulit Orgasme Vaginal?

Kompas.com - 29/03/2012, 10:18 WIB

TANYA :

Prof, kenapa istri saya sulit orgasme vaginal? Sebelumnya, saya pernah membaca kalau ada dua jenis orgasme, yaitu orgasme klitoral dan vaginal. Istri saya bisa orgasme klitoral, tetapi kenapa sulit sekali orgasme vaginal? Ketika dimasukan istri saya malah merasa kurang terangsang. Tetapi ketika digesek-gesekan malah gampang orgasme. Apakah yang salah dalam cara kami berhubungan? Sebagai info, usia pernikahan kami  baru 9 bulan, kami berhubungan sekitar 3 sampai 4 kali seminggu, kondisi kesehatan normal. Terimakasih. 

(Dennys, 27, Jawa Timur)

 

JAWAB :

Sebenarnya tidak ada "orgasme klitoral" dan "orgasme vaginal". Menurut saya, orgasme ya orgasme saja. Apakah dicapai melalui hubungan seksual atau masturbasi pada klitoris, itu soal lain lagi. Sebagian perempuan bahkan dapat mencapai orgasme hanya dengan rangsangan pada payudara atau melalui ciuman dan pelukan yang dalam.

Mengenai istri Anda yang hanya dapat mencapai orgasme melalui rangsangan pada klitoris, saya pikir wajar saja karena klitoris merupakan bagian peka rangsangan. Tetapi ketika melakukan hubungan seksual, dia merasa kurang terangsang sehingga gagal mencapai orgasme. Hambatan ini sangat mungkin disebabkan oleh posisi hubungan seksual yang tidak cukup memberikan rangsangan seksual bagi istri.

Kalau dengan posisi pria di atas, maka gerakan harus diatur agar penis memberikan rangsangan pada klitoris atau G spot. Kalau tidak, maka perempuan akan kurang menerima rangsangan seksual. Karena itu cobalah istri yang mengatur posisi dan gerakannya agar dia cukup menerima rangsangan seksual.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com